Jumat, 23 Mei 2014

Dari Kata Bangku

Menurut sejarah, kata BANGKRUT diambil dari bahasa latin, bancarotta artinya bangku roboh. Ceritanya, di mesjid Sulaiman (Masjid Aqsha/the Second Temple), nabi Isa marah menyaksikan org2 Yahudi yg menjadikan mesjid Aqsa sebagai aktivitas lintah darat. Beliau menendangi bangku mereka hingga roboh. Semula di Indonesia tidak dikenal kata bangkrut. Orang Indonesia kalau berdagang biasa menggunakan tikar. Maka untuk org2 yg bangkrut dinamakanlah dengan GULUNG TIKAR.

Nah, setelah bangku masuk Indonesia melalui penjajah Inggris, bangku menjadi umum digunakan. Ceritanya, ketika orang Inggris duduk2 santai di bangku, mereka merasakan gatal dan sakit di pantat. Kemudian banku itu dia tendang sambil berujar, BENCH-SHIT, artinya bangku sialan. Mulai itulah dikenal istilah BANGSAT. Namun setelah diselidiki, ternyata penyebab gatal bukan bangku, tapi kepinding. Maka itu jugalah kepinding sering dinamakan dengan BANGSAT.

Di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dulu bangku sering digunakan untuk tidur-tiduran. Saking nikmatnya tidur di atas bangku, menyebabkan mata jadi merah dan lingkar mata jadi bengkak. Mata merah dan bengkak akibat tidur lama dalam bahasa Banjar disebut dengan BANGKUR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih, Anda telah meluangkan waktu mengomentari tulisan saya.